Internet tak
bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari anak muda zaman sekarang. Terbukti
dengan adanya data dari berbagai survei yang dilakukan. Salah satunya dari
Asosiasi Penyelanggara Jasa Internet (APJII) yang mencatat di Indonesia
terdapat 143,26 juta orang telah terhubung jaringan internet sepanjang tahun
2017.
Jumlah ini melebihi 50% dari total jumlah penduduk Indonesia yang
berjumlah sekitar 262 juta jiwa. Angka ini tentu sangat besar dan sangat
potensial bagi kita yang cerdik memanfaatkan peluang ini.
Dari jumlah
data tersebut sebagian besar didominasi oleh anak muda yang berumur 13-18
tahun. Kelompok ini banyak menciptakan inovasi dalam membentuk profesi-profesi
baru di dunia maya, seperti menjadi Selebgram
dan YouTuber. Menjamurnya perusahaan
rintisan digital atau startup pun sedikit banyak digerakan oleh kelompok usia
ini, baik sebagai produsen atau konsumen.
Dewasa ini
segala sesuatu jauh lebih mudah dilakukan dan didapatkan oleh adanya internet
tersebut. Hal ini juga menyebabkan masyarakat saat ini mengiginkan segala
sesuatu yang cepat dan instan, tidak peduli jika mereka harus mengeluarkan
biaya yang lebih jika hal tersebut dirasa lebih efisien maka itulah yang
dilakukan oleh masyarkat saat ini yang terbiasa dimanjakan oleh kemudahan teknologi
saat ini.
Oleh karena
itu, saya melihat ada beberapa peluang bisnis
yang besar untuk dimasa sekarang maupun di masa yang akan datang dengan
adanya jumlah pengguna internet yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke
tahun ini.
Disini saya
mencoba memberikan refrensi bisnis yang saya rasa sangat berpeluang besar
meraih kesuksesan di masa sekarang.
Transportasi dan Akomodasi
Peluang bisnis
digital di Indonesia untuk bidang transportasi dan akomodasi mungkin hanya
dikuasai oleh beberapa pemain besar saja. Tetapi jika Anda mengetahui sejarah
mereka, mereka adalah bisnis yang dibangun dari UKM dan menjadi besar karena
memiliki inovasi dan perbedaan dari bisnis yang lainnya. Sehingga mereka bisa
mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.
Tentunya dalam
bisnis transportasi dan akomodasi Anda bisa menyediakan layanan yang mudah dan
sangat membantu konsumen. Salah satunya adalah Traveloka, dan Tiket.com dua
pemain besar yang menguasai bisnis tiket pesawat dan kereta di Indonesia serta
kamar hotel.
Selain mereka
berdua, terdapat pula Grab dan Gojek yang menyediakan fasilitas transportasi
umum, dan jasa antar barang. Serta terdapat pula Bosbis.com, Bustiket.com, dan
Redbus.com penyedia layanan tiket bus online.
Anda bisa
membangun bisnis digital di bidang transportasi dengan konsep yang
berbeda-beda, dan bisa memberikan kepuasan kepada konsumen.
E-Commerce
E-commerce di
Indonesia juga memiliki perkembangan yang cukup signifikan. Buktinya setiap
e-commerce selalu mendapat jumlah pengunjung yang banyak setiap harinya. E-commerce
yang kata lainnya adalah Toko online menjadi sarana pebisnis ratail untuk
mengubah haluan mereka dari offline ke online. Tentunya ini membuka toko-toko
online lainnya.
Saat ini
perkembangan e-commerce memang cukup menjanjikan. Cukup banyak e-commerce yang
sudah cukup berkembang di Indonesia, sebut saja Berrybenka.com, Blanja.com, dan
Elevenia serta masih banyak toko online yang ada di Indonesia. Konsep toko
online sendiri memiliki dua konsep, yakni B2B atau B2C.
Marketplace
Jika Anda
ingin terjun ke dunia digital, maka Anda harus paham perbedaan Marketplace dan e-commerce
atau toko online. Toko online sudah kita bahas, kini kita bahas mengenai
marketplace. Marketplace adalah toko online yang menyiapkan tempat untuk para
pedagang berjualan di tempat mereka.
Marketplace
dapat dikatakan seperti Mall. Dimana disana terdapat pedagang-pedagang yang
menjajakan barang dagangannya dengan berbagai jenis. Inilah konsep marketplace
itu sendiri. Di Indonesia, marketplace cukup banyak. Kita bisa mengetahui
Lazada.co.id, Tokopedia.com, dan Bukalapak ketiganya adalah Marketplace bukan
e-commerce.
Peluang bisnis
digital di Indonesia untuk posisi marketplace masih cukup menjanjikan meskipun
sudah dikuasai oleh pemain besar, bukan berarti tidak ada kesempatan untuk Anda
maju sebagai pengusaha dalam bidang Marketplace. Anda bisa bersaing di bidang
ini.
Financial
Dunia keuangan
pun tidak mau tertinggal dengan kemajuan teknologi. Sekarang mungkin untuk
mengajukan kartu kredit atau peminjaman dana Anda tidak perlu datang ke Bank
konvensional. Tetapi Anda semua bisa melakukannya secara online
melalui Financial tecnology (Fintech) yang sudah hadir cukup banyak
di Indonesia.
Peluang
Fintech masih cukup menjanjikan. Terlebih masyarakat Indonesia sering melakukan
peminjaman untuk dana tambahan di bank-bank. Anda bisa mencoba melakukan bisnis
pada bidang ini dan raih
kesuksesan dari bidang digital.
Jasa Digital
Jasa pun sudah
bisa dilakukan secara digital. Peluang bisnis digital di Indonesia memang
merambah segala lini bisnis yang ada. Anda yang memiliki kemampuan digital
marketing, pengembangan website, dan jasa tulis menulis dapat membuka usaha di
ketiga bidang tersebut. Usaha-usaha ini cukup menjanjikan dan sangat potensial.
Anda bisa segera mencobanya untuk mendirikan usaha jasa digital.
Komentar
Posting Komentar