2018, Bisnis Apa?



Internet tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari anak muda zaman sekarang. Terbukti dengan adanya data dari berbagai survei yang dilakukan. Salah satunya dari Asosiasi Penyelanggara Jasa Internet (APJII) yang mencatat di Indonesia terdapat 143,26 juta orang telah terhubung jaringan internet sepanjang tahun 2017. 
Jumlah ini melebihi 50% dari total jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar 262 juta jiwa. Angka ini tentu sangat besar dan sangat potensial bagi kita yang cerdik memanfaatkan peluang ini.
Dari jumlah data tersebut sebagian besar didominasi oleh anak muda yang berumur 13-18 tahun. Kelompok ini banyak menciptakan inovasi dalam membentuk profesi-profesi baru di dunia maya, seperti menjadi Selebgram dan YouTuber. Menjamurnya perusahaan rintisan digital atau startup pun sedikit banyak digerakan oleh kelompok usia ini, baik sebagai produsen atau konsumen.
Dewasa ini segala sesuatu jauh lebih mudah dilakukan dan didapatkan oleh adanya internet tersebut. Hal ini juga menyebabkan masyarakat saat ini mengiginkan segala sesuatu yang cepat dan instan, tidak peduli jika mereka harus mengeluarkan biaya yang lebih jika hal tersebut dirasa lebih efisien maka itulah yang dilakukan oleh masyarkat saat ini yang terbiasa dimanjakan oleh kemudahan teknologi saat ini.
Oleh karena itu, saya melihat ada beberapa peluang bisnis  yang besar untuk dimasa sekarang maupun di masa yang akan datang dengan adanya jumlah pengguna internet yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun ini.
Disini saya mencoba memberikan refrensi bisnis yang saya rasa sangat berpeluang besar meraih kesuksesan di masa sekarang.

Transportasi dan Akomodasi


Peluang bisnis digital di Indonesia untuk bidang transportasi dan akomodasi mungkin hanya dikuasai oleh beberapa pemain besar saja. Tetapi jika Anda mengetahui sejarah mereka, mereka adalah bisnis yang dibangun dari UKM dan menjadi besar karena memiliki inovasi dan perbedaan dari bisnis yang lainnya. Sehingga mereka bisa mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.
Tentunya dalam bisnis transportasi dan akomodasi Anda bisa menyediakan layanan yang mudah dan sangat membantu konsumen. Salah satunya adalah Traveloka, dan Tiket.com dua pemain besar yang menguasai bisnis tiket pesawat dan kereta di Indonesia serta kamar hotel.
Selain mereka berdua, terdapat pula Grab dan Gojek yang menyediakan fasilitas transportasi umum, dan jasa antar barang. Serta terdapat pula Bosbis.com, Bustiket.com, dan Redbus.com penyedia layanan tiket bus online.
Anda bisa membangun bisnis digital di bidang transportasi dengan konsep yang berbeda-beda, dan bisa memberikan kepuasan kepada konsumen.

E-Commerce


E-commerce di Indonesia juga memiliki perkembangan yang cukup signifikan. Buktinya setiap e-commerce selalu mendapat jumlah pengunjung yang banyak setiap harinya. E-commerce yang kata lainnya adalah Toko online menjadi sarana pebisnis ratail untuk mengubah haluan mereka dari offline ke online. Tentunya ini membuka toko-toko online lainnya.
Saat ini perkembangan e-commerce memang cukup menjanjikan. Cukup banyak e-commerce yang sudah cukup berkembang di Indonesia, sebut saja Berrybenka.com, Blanja.com, dan Elevenia serta masih banyak toko online yang ada di Indonesia. Konsep toko online sendiri memiliki dua konsep, yakni B2B atau B2C.

Marketplace


Jika Anda ingin terjun ke dunia digital, maka Anda harus paham perbedaan Marketplace dan e-commerce atau toko online. Toko online sudah kita bahas, kini kita bahas mengenai marketplace. Marketplace adalah toko online yang menyiapkan tempat untuk para pedagang berjualan di tempat mereka.
Marketplace dapat dikatakan seperti Mall. Dimana disana terdapat pedagang-pedagang yang menjajakan barang dagangannya dengan berbagai jenis. Inilah konsep marketplace itu sendiri. Di Indonesia, marketplace cukup banyak. Kita bisa mengetahui Lazada.co.id, Tokopedia.com, dan Bukalapak ketiganya adalah Marketplace bukan e-commerce.
Peluang bisnis digital di Indonesia untuk posisi marketplace masih cukup menjanjikan meskipun sudah dikuasai oleh pemain besar, bukan berarti tidak ada kesempatan untuk Anda maju sebagai pengusaha dalam bidang Marketplace. Anda bisa bersaing di bidang ini.

Financial


Dunia keuangan pun tidak mau tertinggal dengan kemajuan teknologi. Sekarang mungkin untuk mengajukan kartu kredit atau peminjaman dana Anda tidak perlu datang ke Bank konvensional. Tetapi Anda semua bisa melakukannya secara online melalui Financial tecnology (Fintech) yang sudah hadir cukup banyak di Indonesia.
Peluang Fintech masih cukup menjanjikan. Terlebih masyarakat Indonesia sering melakukan peminjaman untuk dana tambahan di bank-bank. Anda bisa mencoba melakukan bisnis pada bidang ini dan raih kesuksesan dari bidang digital.

Jasa Digital

Jasa pun sudah bisa dilakukan secara digital. Peluang bisnis digital di Indonesia memang merambah segala lini bisnis yang ada. Anda yang memiliki kemampuan digital marketing, pengembangan website, dan jasa tulis menulis dapat membuka usaha di ketiga bidang tersebut. Usaha-usaha ini cukup menjanjikan dan sangat potensial. Anda bisa segera mencobanya untuk mendirikan usaha jasa digital.

www.undhirabali.ac.id



Komentar