Analisis SWOT Perusahaan e-Commerce


Di era sekarang semua serba teknologi mulai dari kemudahan berkomunikasi, bekerja bahkan dalam hal berbelanja sekalipun sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Banyak perusahaan-perusahaan menerapkan e-commerce pada bisnis mereka melihat banyaknya konsumen yang ingin dimanjakan. Hal itu juga dibarengi dengan terus tumbuhnya jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun, yang juga berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah pengguna internet yang melakukan pembelanjaan online.
Oleh karena itu e-commerce sangatlah menjanjikan bila kita mampu memanfaatkannya menjadi sebuah kesempatan bisnis. Dalam kesempatan ini saya akan membahas perusahaan-perusahaan e-commerce beserta dengan Analisis SWOT-nya. Yang pertama, yaitu:


A.            MatahariMall.com

MatahariMall.com resmi hadir di dunia bisnis yang berbasis internet pada tanggal 9 September 2015. MatahariMall.com menyediakan lebih dari ratusan ribu pilihan produk dari segala kebutuhan mulai dari fashion wanita, fashion pria, kesehatan & kecantikan, handphone & tablet, laptop, gadget, elektronik, lifestyle, hobi, hingga keperluan rumah tangga. MatahariMall.com didukung oleh perusahaan ritel multi-format terbesar di Indonesia, yaitu Grup Lippo, yang juga mengelola Matahari Department Store dan Hypermart. Dilansir dari situs resminya, MatahariMall.com menuliskan komitmennya sebagai berikut “Kami percaya bahwa customer adalah sahabat kami. Oleh karena itu, pelayanan customer menjadi prioritas utama. MatahariMall.com akan melayani customer mulai dari pengalaman seru mengakses website kami, pembayaran, pengiriman, hingga customer service.”
Kelebihan :
  1. MatahariMall.com menyediakan situs yang terinci sehingga memudahkan konsumen ketika mengakses laman tersebut. Situs ini mencantumkan layanan pelanggan, seperti cara berbelanja,  info pembayaran, info pengiriman, info pengembalian, dan panduan ukuran.
  2. MatahariMall.com menyediakan akun media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram sehingga pelanggan dapat lebih mudah mengikuti info terbaru dari MatahariMall.com itu sendiri.
  3. Mengadopsi layanan O2O (online to offline). Dengan menyediakan layanan O2O pelanggan tidak perlu khawatir akan terkena penipuan karena pelanggan dapat mengambil barang yang dibeli secara langsung maupun barang dapat diantar ke alamat pelanggan oleh kurir yang disediakan oleh MatahariMall.com
  4. MatahariMall.com yang tergolong pendatang baru di dunia e-commerce, ia berani menawarkan banyak promosi seperti diskon hingga 99% yang sangat menguntungkan pelanggan.
  5. Proses yang dilakukan oleh MatahariMall.com setelah pelanggan menyatakan setuju untuk membeli relative cepat, yaitu 3-4 hari kerja untuk wilayah JABODETABEK dan 4-7 hari kerja di luar area JABODETABEK.
  6. Menyediakan layanan customer dan kurir yang ramah.

Kekurangan :
  1. Dengan keberaniannya memberikan diskon hingga 99% membuat beberapa pelanggan menjadi kurang percaya akan promosi tersebut.
  2. Walaupun tergolong baru, MatahariMall.com sudah memiliki banyak pelanggan. Ketika pesanan membludak, MatahariMall.com sering kali kewalahan sehingga mengakibatkan keterlambatan pemrosesan barang pesanan.

Peluang :
  1. Memaksimalkan keuntungan perusahaan, karena tidak hanya mengandalkan penjualan offline saja.
  2. Banyak brand yang melakukan kerjasama dengan matahari dengan adanya MatahariMall.com
  3. Semakin meningkatnya perangkat mobile.
  4. Biaya akses internet semakin murah.
  5. Semakin meningkatnya jumlah pengguna internet.
  6. Semakin luasnya jaringan internet.

Ancaman:
  1. Pesaing menawarkan variasi produk yang lebih banyak, sehingga konsumen dapat memilih berbelanja ditempat lain.
  2. Pesaing yang menawarkan jaminan kiriman bisa saja lebih dipilih, karena kurang sigapnya MatahariMall.com dalam pengiriman barang.


B.      OLX.co.id

OLX merupakan pasar iklan baris online lokal yang dapat diakses melalui internet dan juga melalui aplikasi pada ponsel. OLX saat ini telah berada di 106 negara di dunia, Angola, Argentina, Bangladesh, Brazil, India, Indonesia, Portugal, Poland, Peru, Romania, Hungary, Bulgaria, Panama, Switzerland, South Africa, Kenya, Nigeria, Thailand, Philippines, Pakistan, Kazakhstan dan lainnya. OLX pertama kali dibentuk pada Maret 2006 oleh wiraswastawan internet Fabrice Grinda dan Alex Oxenford, sekarang OLX telah dimiliki oleh Global Media dan perusahaan digital Naspers.
TENTANG OLX.CO.ID
OLX yang sebelumnya adalah Tokobagus.com merupakan situs online classified terbesar di Indonesia. OLX menyediakan media yang mudah, cepat dan gratis bagi para penjual untuk memasang iklan dan sekaligus bagi pembeli untuk mencari beragam produk barang bekas dan barang baru untuk kebutuhan sehari-hari. Barang yang dapat dicari mulai dari handphone, komputer, perangkat rumah tangga, hingga mobil dan sepeda motor, rumah dan properti, bahkan lowongan kerja dan layanan lainnya.
Alasan penggantian nama Tokobagus adalah untuk memperkuat branding OLX secara global.Ini juga memperjelas bahwa grup Naspers ingin mengkonsolidasi berbagai brand situs iklan baris yang dimilikinya di berbagai negara.Contohnya “Sulit”, situs iklan baris di Filipina milik grup Naspers, yang lebih dahulu mengumumkan perubahan identitasnya menjadi OLX pada maret lalu.
Kelebihan:
  1. Menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa, baik baru maupun bekas
  2. Tidak diharuskan untuk registrasi bila ingin memasang iklan.
  3. Detail mengenai spesifikasi produk lengkap seperti merk, tipe, tahun maksimum dan minimum.
  4. Menyediakan informasi mengenai lowongan kerja.

Kekurangan :
  1. Harga yang tidak pasti
  2. Masa tayang iklan terbatas
  3. Iklan terbatas
  4. Konsumen suka menelpon untuk menanyakan informasi produk

Peluang :
  1. Dapat meraih pangsa pasar yang luas karena sistem yang digunakan adalah C2C, dimana semua orang dapat menjual/membeli produk di Olx.
  2. Kemudahan akses ke situs dapat menarik minat konsumen
  3. Semakin meningkatnya perangkat mobile.
  4. Biaya akses internet semakin murah.
  5. Semakin meningkatnya jumlah pengguna internet.
  6. Semakin luasnya jaringan internet.

Ancaman:
  1. Dengan mudahnya akses, bisa saja disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan penipuan.
  2. Kondisi barang yang tidak sesuai, dapat memberi kesan buruk terhadap Olx
  3. Karena transaksi yang dilakukan hanya sebatas (dominan)  dengan sistem C2C, sehingga kecil peluang brand tertentu memasarkan produknya di Olx. 

C.      Traveloka

Traveloka adalah sebuah online travel agent yang website-nya beralamat di www.traveloka.com. Situs ini juga menjadi website pencarian dan pembelian tiket pesawat secara online yang paling besar di Indonesia.
SEJARAH TRAVELOKA
Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs Traveloka.com.
Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.
Kelebihan TRAVELOKA
  1. Melalui kecanggihan dunia internet saat ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan semua info yang ingin anda ketahui hanya dalam beberapa menit saja, hal ini termasuk dalam hal pemesanan tiket pesawat sesuai dengan maskapai yang anda inginkan. (sumber:http://yasawidi.blogspot.co.id/2014/08/wwwtravelokacom.html)
  2. Situs Traveloka juga terkenal sebagai situs pemesanan tiket yang paling murah dibandingkan dengan situs lainnya. Harganya yang sangat murah, bahkan lebih murah dari yang tercantum di website resmi maskapai resmi.  Traveloka adalah online travel agent terbesar di Indonesia jadi mereka bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat.
  3. Metode pembayaran juga dapat dilakukan dengan transfer, sehingga memudahkan konsumen untuk memesan dan melunasi pembayaran. Berikut merupakan metode  yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di Traveloka:

1)      Transfer bank
2)      Kartu kredit
3)      Mandiri clickpay
4)      BCA klikpay
5)      ATM
6)      CIMB clicks
7)      Mandiri ecash
8)      Mandiri debit
9)      BNI debit
KEKURANGAN TRAVELOKA
Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa Traveloka merupakan situs pembelian tiket pesawat dengan harga termurah maka banyak asumsi dikalangan masyarakat yang menyebut jasa tersebut sebagai penipuan.
Peluang :
  1. Traveloka dapat menjadi e-commerce yang bertahan lama, karena bisnis e-commerce perjalanan adalah suatu kebutuhan, jadi sangatlah diperlukan dimasa sekarang maupun di masa depan. Ditambah lagi dengan dibukanya booking hotel di situs Traveloka yang dapat memudahkan traveler untuk mencari informasi perjalanan maupun akomodasi hanya dalam satu situs saja.
  2. Semakin meningkatnya perangkat mobile.
  3. Biaya akses internet semakin murah.
  4. Semakin meningkatnya jumlah pengguna internet.
  5. Semakin luasnya jaringan internet.

Ancaman :
  1. Bisnis perjalanan tentu sangat menjanjikan, jadi bisa diprediksi akan hadir banyak pesaing dari Traveloka dalam menjalankan bisnisnya. Maka dari itu inovasi serta pembaruan seiring berkembangnya sangat diperlukan, karena jika tidak bisa saja Traveloka kalah saing dengan para pesaingnya.
  2. Pemerintah akan memberlakukan pajak online yang akan ditanggung oleh konsumen.


D.      Lazada

Perusahaan LAZADA merupakan top online retailer di Indonesia. Perusahaan ini memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli segala jenis produk yang tersedia oleh perusahaan hanya dengan mengakses ke website yang telah disediakan. Produk pesanan akan diantar ke rumah-rumah konsumen dengan pelayanan kurir yang cepat dangan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. Pembayaran juga dapat dilakukan dengan uang tunai bila tidak memiliki kartu kredit.
Tujuan dari perusahaan ini adalah menjadi salah satu belanja online yang paling top dan utama di Indonesia serta memberikan pelayanan kepada konsumen secara maksimal, memberikan inspirasi dalam belanja dan memberikan pengalaman kepada konsumen dalam memilih-milih produk online. Karyawan yang bekerja di perusahaan ini merupakan individu yang mempunyai jiwa kewirausahaan, karena mereka berasal dari sekolah bisnis terbaik dan perusahaan di seluruh dunia. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kualitas dalam pemberian layanan kepada konsumen yang akan diberikan secara maksimal.
Kelebihan Lazada :
  1.  Pilihan Produk Berkualitas yang beragam. Di Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk utama mulai dari peralatan rumah tangga, Elektronik rumah tangga, Handphone & Aksesoris, Kamera, Komputer, TV, Video & Audio, Mainan & Bayi, Kesehatan & Kecantikan, Tas & Koper, Olahraga & Otomotif, Musik & Instrumen, dan Buku. 
  2. Menyediakan produk premium dengan delapan kategori.
  3. Menyediakan pelayanan yang cepat dan eksklusif dengan menggunakan kurir yang profesional.
  4. Transaksi antara pembeli dan penjual dilakukan secara cepat, mudah dan murah.
  5. Sistem kerja yang profesiaonal dan kerja tim yang baik.
  6. Sebagian besar tim LAZADA adalah orang-orang lulusan terbaik dari berbagai sekolah tinggi baik di Indonesia maupun luar negeri.
  7. Website LAZADA mempunyai SEO yang baik.

Kelemahan Lazada :
  1. Kurang amannya transaksi online.
  2. Barang tidak bisa dipegang secara langsung, sehingga timbul kekhawatiran pelanggan terhadap kualitas barang dan penipuan.
  3. Belum bisa menjangkau daerah-daerah pelosok indonesia yang belum mempunyai jaringan internet yang baik.
  4. Batas pembayaran yang sangat singkat.
  5. Hanya mempunyai dua buah gudang di Pulau Jawa sehingga dapat menghambat pengiriman barang.
Peluang:
  1. Semakin meningkatnya perangkat mobile.
  2. Biaya akses internet semakin murah.
  3. Semakin meningkatnya jumlah pengguna internet.
  4. Semakin berkembangnya situs jejaring sosial atau media sosial seperti facebook, twitter, instagram, line, dll.
  5. Pertumbuhan penduduk kelas menegah semakin besar.
  6. Pada 2014. Sebanyak 24% pengguna internet di Indonesia melakukan belanja online
Ancaman:
  1. Pemerintah akan memberlakukan pajak online yang akan ditanggung oleh konsumen.
  2. Terdapat pihak-pihak yang mungkin melakukan plagiat penggunaan e-commerce dari segi bentuk, inovasi, maupun cara menjualnya.
  3. Terdapat pihak yang membuat website palsu.
  4. Persaingan e-commerce dalam dunia global.
  5. Banyak penipuan (cyber crime) yang mengatasnamakan LAZADA.
  6. Kasus pencurian data pelanggan sering terjadi di dunia maya.


E.      Zalora

Toko online ZALORA Indonesia adalah pusat belanja fashion online terbesar di Indonesia yang dapat menjawab kebutuhan fashion pria dan fashion wanita dengan menawarkan brand-brand terkemuka, baik lokal maupun internasional. Zalora menyediakan produk-produk yang selalu mengikuti trend fashion terbaru yang memberikan banyak pilihan untuk menyempurnakan penampilan Anda. ZALORA Indonesia juga memberikan pilihan harga yang fleksibel.
ZALORA Indonesia merupakan bagian dari ZALORA Group, yang didirikan pada akhir 2011 oleh Rocket Internet GmbH, yang mencakup Grup retail fashion online terkemuka di Asia Pasifik The Iconic di Australia dan Selandia Baru.
Kelebihan Zalora :
  1. Tampilan website yang menarik
  2. Menyediakan barang-barang dengan brand ternama untuk kebutuhan fashion pelanggan.
  3. Destinasi online fashion terbesar di Asia Tenggara.
  4. Opsi pembayaran yang variatif.
Kelemahan Zalora :
  1. Masih banyak yang kurang percaya dengan transaksi online.
  2. Loading website yang berat atau lama.
  3. Beberapa pelanggan kurang puas dengan lama pengiriman.
Peluang :
  1. Menarik brand-brand ternama khususnya fashion untuk bergabung di Zalora.
  2. Terus meningkatnya jumlah pengguna internet.
  3. Semakin banyaknya orang yang melakukan transaksi melalui internet.
  4. “Trend mark” dari Zalora untuk kalangan menengah ke atas.

Ancaman :
  1. Pemerintah akan memberlakukan pajak online yang akan ditanggung oleh konsumen.
  2. Persaingan global.



Semoga tulisan mengenai perusahaan e-commerce beserta analisis SWOT, semoga dapat bermanfaat.
Terima Kasih

Komentar