Situs Berbelana Online (Tugas 7)


Tugas 7


1. Tahapan-Tahapan Berbelanja Online
1.         Mencari Produk
Sebelum kita berbelanja pasti ada suatu hal yang ingin kita cari di dalam sebuah situs online, maka tahapan pertama berbelanja online adalah seseorang memilih satu atau lebih produk yang diinginkannya untuk dibeli di suatu tempat.

2.         Compare Harga
Setalah mendapatkan produk yang diinginkan seseorang membandingkan harga dari berbagai toko online lainnya, biasanya konsumen mencari harga yang termurah.



3.         Cek Testimoni

Tahap ketiga yaitu mengecek testimoni atau komentar dari pembeli/pengguna barang yang berbelanja di situs tersebut. Disana kita bisa mengetahui kualitas produk dari banyaknya bintang/komentar yang baik maupun buruk dari produk di website tersebut. Beberapa situs berbelanja sudah memfasilitasi aspek testimoni pada websitenya sehingga memudahkan kita menilai produk yang kita beli dan juga kualitas dari toko online tersebut.

4.         Metode Pembayaran
Tahap keempat yaitu memilih metode pembayaran yang telah disediakan oleh situs belanja online. Variasi metode pembayaran dapat menarik minat konsumen untuk berbelanja di situs tersebut. Karena semakin banyak variasi pembayaran yang ditawarkan oleh situs online maka memperbesar peluang makin banyak pembeli yang mampu membeli barang tersebut. Jika variasi sedikit bukan tidak mungkin ada konsumen yang ingin membeli tapi konsumen tersebut tidak memiliki fasilitas pembayaran yang sesuai yang ditawarkan oleh website tersebut.

5.         Metode Pengiriman
Pengiriman juga merupakan aspek penting untuk menarik minat konsmen, seperti lamanya durasi dalam pengiriman barang tersebut. Biaya pengiriman juga menjadi faktor penarik konsumen. Maka dari itu banyak dari situs online melakukan promo gratis Ongkir (Ongkos Kirim) untuk menarik minat pembeli berbelanja di situs mereka.

2. Jenis-Jenis Promosi
Jenis-jenis promosi dibagi menjadi lima, yaitu:
1.   Advertising
Menurut Kotler (2002:658), periklanan didefinisikan sebagai bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran. Secara garis besar Advertising adalah bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
Iklan memiliki beberapa karakteristik, antara lain:
·                     Suatu bentuk komunikasi yang berbayar.
·                     Nonpersonal komunikasi.
·                     Menggunakan media massa sebagai massifikasi pesan.
·                     Menggunakan sponsor yang teridentifikasi.
·                     Bersifat mempersuasi khalayak.
·                     Bertujuan untuk meraih audiens sebanyak-banyaknya.
Berdasarkan tujuannya, iklan diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yakni:
1.         Iklan Informatif (Informative Advertising)
Bertujuan untuk membentuk atau menciptakan kesadaran/pengenalan dan pengetahuan tentang produk atau fitur-fitur baru dari produk yang sudah ada.
2.         Iklan Persuasif (Persuasive Advertising)
Bertujuan untuk menciptakan kesukaan, preferensi dan keyakinan sehingga konsumen mau membeli dan menggunakan barang dan jasa.
3          Iklan Reminder (Reminder Advertising)
Bertujuan untuk mendorong pembelian ulang barang dan jasa,Menjaga kesadaran akan produk (consumer’s state of mind), Menjalin hubungan baik dengan konsumen.
Berdasarkan macam media yang digunakan, maka advertensi dibedakan menjadi:
a) Advertensi Cetak seperti koran, majalah, dll.
b) Advertensi Elektronika seperti website, radio, televisi, dll.
c) Transit Advertensing seperti buletin, poster/spanduk, stiker, dll.
d) Kiriman Langsung yaitu barang cetakan yang dikirim langsung melalui pos kepada calon pembeli yang memang sudah target.
e) Advertensi Khusus yaitu segala macam barang yang bentuknya berupa hadiah.

2.    Personal Selling
Bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Penjualan tatap muka adalah kegiatan mempromosikan suatu produk dengan cara mendatangi ke tempat konsumen berada.
Menurut Kotler (2000), “penjualan perorangan (personal selling), yaitu penyajian atau presentasi pribadi oleh tenaga penjual perusahaan dengan tujuanmenjual dan membina hubungan dengan pelanggan”.
Selanjutnya Tjiptono (2004) menyatakan bahwa beberapa fungsi-fungsipenjualan perorangan, yaitu:
1.  Prospecting yaitu mencari pembeli dan menjalin hubungan dengan mereka.
2.  Targeting yaitu mengalokasikan kelangkaan waktu penjual demi pembeli.
3.  Communicating yaitu memberi informasi mengenai produk perusahaan kepadapelanggan.
4.  Selling yakni mendekati, mempresentasikan dan mendemonstrasikan, mengatasiperubahan serta menjual produk kepada pelanggan.
5.  Servicing yakni memberikan berbagai jasa dan pelayanan kepada pelanggan.
6.  Information gathering yakni melakukan riset dan intelijen pasar.
7.  Allocating yaitu menentukan pelanggan yang dituju.

3.   Sales Promotion
Promosi penjualan (sales promotion) adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produkdengan segera dan meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.
Menurut definisi Kotler, 2000 Promosipenjualan (sales promotion) yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari suatu produk dan jasa. “Promosi penjualan termasuk berbagai jenis peralatan yang mempunyai sifat unik seperti kupon, perlombaan,pemotongan harga, hadiah dan lain-lain”.
Tujuan-tujuan promosi penjualan tersebut dapat digeneralisasikan sebagaiberikut:
1.  Meningkatkan permintaan dari para pemakai industrial dan/atau konsumen akhir.
2.  Meningkatkan kinerja pemasaran perantara.
3.  Mendukung dan mengkoordinasikan kegiatan personal selling dan iklan.
Promosi penjualan dapat dikelompokkan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai,sebagai berikut:
1.         Customer promotion,
yaitu promosi penjualan yang bertujuan untuk merangsang/mendorong pelanggan untuk membeli.
2.         Trade promotion,
yaitu promosi penjualan yang bertujuan untuk mendorong/merangsang pedagang grosir, pengecer, eksportir, dan importir untuk memperdagangkan barang/jasa dari sponsor.
3.         Sales force promotion,
yaitu promosi penjualan yang bertujuan untuk memotivasi armada penjual.
4.         Business promotion,
yaitu promosi penjualan yang bertujuan untuk memperoleh pelanggan baru, mempertahanan kontak hubungan dengan pelanggan memperkenalkan produk baru, menjual lebih banyak kepada pelanggan lama danmendidik pelanggan.
Adapun alat -alat yang digunakan dalam sales promotion antara lain :
a) Sampel/contoh, dalam berpromosi jangan ragu-ragu untuk memberi sampel.
b) Kupon/voucher, yaitu sertifikat hak potongan kepada pemegangya sehingga menghemat pembelian produk tertentu.
c) Premi, yaitu barang yang ditawarkan dengan harga yang sangat rendah.
d) Paket Harga, yaitu produk harga yang memuat harga lebih rendah daripada harga biasanya apabila Pembeli membeli produk tersebut dengan jumlah yang sudah ditentukan.
e) Tawaran Uang Kembali, yaitu tawaran pengembalian uang apabila terjadi ketidaksesuaian produk dengan harga/terjadi kerusakan pada produk yang dibeli berdasarkan produknya.
f) Promosi Dagang, yaitu Penawaran potongan harga dalam jangka waktu tertentu.
g) Undian, yaitu konsumen diajak untuk mengumpulkan label yang memuat nama produk untuk kemudian diundi dan mendapat hadiah.
h) Kontes, yaitu mengundang konsumen untuk mengikuti suatu perlombaan.

4.   Publishing
Publisitas adalah upaya perusahaan untuk mendukung, membina citraperusahaan yang baik, dan menangani atau menangkal isu, cerita dan peristiwayang dapat merugikan perusahaan yang dilakukan melalui pembinaan hubungandengan masyarakat (public relations)” (Kotler, 2000).
Jika dibandingkan dengan alat promosi lain seperti periklanan, publisitas mempunyai beberapa keuntungan antara lain:
a.Dapat menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca iklan. Pesan tersebutsampai kepada pembeli yang mungkin menghindari iklan dan wiraniaga karenapesan tersebut disampaikan sebagai berita bukan komunikasi yang diarahkankepenjualan.
b.Dapat ditempatkan pada halaman depan dari sebuah surat kabar atau pada posisilain yang menyolok.
c.Lebih dapat di percaya, apa bila sebuah surat Kabar atau majalah  mempublikasikan sebuah cerita, keliatan lebih otentik sebagai berita dan berita pada umumnya  lebih di percaya dari pada iklan
d.Jauh lebih murah karena dilakukan secara bebas, tanpa dipungut biaya.
e.Bersifat dramatis, sebab mempunyai potensi untuk mendramatisasi perusahaanatau produk.

5.   Direct marketing
Sistem marketing dimana organisasi berkomunikasi secara langsung dengan target customer untuk menghasilkan respons atau transaksi.  Respons yang dihasilkan bisa berupa inquiry, pembelian, atau bahkan dukungan.
Direct Marketing Strategi dan Media

Direct marketing menggunakan bermacam-macam media, seperti
·         Direct mail
Sering disebut sebagai junk mail atau surat yang tidak kita harapkan kedatangannya.
·         Catalog
Katalog cukup banyak digunakan oleh perusahaan dalam direct marketing, bahkan ada yang sepenuhnya tergantung pada katalog.
·         Broadcast media
Media yang paling digandrungi para direct marketers adalah TV dan radio.
·         Infomercial
Adalah iklan komersial yang berdurasi lama , mencapai 30-60 menit. Bentuk acaranya seperti program TV biasa.
·         Tv advertorial
Advertorial digunakan untuk menunjukkan pada pemirsa tentang seluk-beluk produk dalam acara TV sepanjang beberapa menit.
·         Teleshopping
Penggunaan saluran telepon gratis dikombinasikan dengan kartu kredit membuat peningkatan yang cukup signifikan pada pembelanjaan melalui televisi.
·         Print media
Koran dan majalah merupakan media yang sulit untuk digunakan sebagai alat direct marketing.
·         Telemarketing
Merupakan sales lewat telepon.
·         Electronic teleshopping
Merupakan belanja online dan penerimaan layanan informasi melalui PC. Internet shopping adalah media direct response yang digunakan oleh direct marketing tradisional sekalipun.

3. Publisher, Web Owner, Adevertiser, Marketing company
1.         Publisher
Publisher atau penayang iklan adalah sebutan untuk orang atau pemilik situs web maupun blog yang sudah terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka. Publisher yang menayangkan iklan, contohnya iklan dari google disebut publisher google adsense.
Untuk bisa menjadi publisher google adsense harus mendaftar terlebih dahulu ke Google Adsense dan baru bisa menayangkan iklan google di situs web mereka setelah aplikasi disetujui. Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan memiliki satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua situs mereka yang memenuhi persyaratan program google adsense tersebut.
Jadi, kesimpulannya Publisher adalah sebutan bagi seorang yang mengikuti program periklanan (Adsense) seperti Google Adsense yang dimana Ia memasang iklan yang diberikan oleh Google Adsense atau program adsense lainnya.
2.         Web Owner
Pemilik web (Web Owner) adalah penyedia ruang pada website yang memungkinkan advertiser memasang link iklannya. Anda berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan dengan memasang link iklan pada Advertiser.
3.         Advertiser
Sebutan lain dari Advertiser adalah Merchant. Merchant bertugas sebagai pembayar komisi pada Publisher juga pembayar jasa pada suatu Affiliate. Kenapa mereka yang harus membayar? sudah jelas karena iklan pemasaran yang ada pada suatu publisher adalah iklan yang mengarahkan visitor pada website merchant tersebut. Hal ini membantu traffic website merchant lebih tinggi dan website merekapun menjadi lebih populer berkat bantuan para publisher yang melalui perantara suatu affiliate marketing.
4.         Marketing Company
            Adalah suatu badan yang membantu mempromosikan produk dari Merchant, dimana bila konsumen membeli barang tersebut berasal dari referal dari badan tersebut, maka badan tersebut mendapatkan komisi dari Merchant tersebut.

4. Perbedaan Search Engine dengan Website
Website adalah sering juga disebut Web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.
Search Engine (Mesin Pencari) adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian sering disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs). Contoh Search Engine: Yahoo, Google, Bing, dan lain-lain.


Website dan Search Engine

Website adalah suatu halaman web yang berisi berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis yang tersimpan di dalam web browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari dan Opera. Sedangkan search engine yaitu fasilitas untuk mencari dokumen (alamat) atau data yang Anda inginkan diseluruh web server yang terhubung ke Internet contohnya Google, Yahoo! Search, dan Live Search.

Terima Kasih
Semoga dapat memberi manfaat

Komentar