Tugas 7
1. Tahapan-Tahapan Berbelanja Online
1.
Mencari
Produk
Sebelum kita berbelanja pasti ada suatu hal yang ingin kita cari di dalam
sebuah situs online, maka tahapan pertama berbelanja online adalah seseorang
memilih satu atau lebih produk yang diinginkannya untuk dibeli di suatu tempat.
2.
Compare
Harga
Setalah mendapatkan produk yang diinginkan seseorang membandingkan harga
dari berbagai toko online lainnya, biasanya konsumen mencari harga yang
termurah.
3.
Cek
Testimoni
Tahap ketiga yaitu mengecek testimoni atau komentar dari pembeli/pengguna
barang yang berbelanja di situs tersebut. Disana kita bisa mengetahui kualitas
produk dari banyaknya bintang/komentar yang baik maupun buruk dari produk di
website tersebut. Beberapa situs berbelanja sudah memfasilitasi aspek testimoni
pada websitenya sehingga memudahkan kita menilai produk yang kita beli dan juga
kualitas dari toko online tersebut.
4.
Metode
Pembayaran
Tahap keempat yaitu memilih metode pembayaran yang
telah disediakan oleh situs belanja online. Variasi metode pembayaran dapat
menarik minat konsumen untuk berbelanja di situs tersebut. Karena semakin
banyak variasi pembayaran yang ditawarkan oleh situs online maka memperbesar
peluang makin banyak pembeli yang mampu membeli barang tersebut. Jika variasi
sedikit bukan tidak mungkin ada konsumen yang ingin membeli tapi konsumen
tersebut tidak memiliki fasilitas pembayaran yang sesuai yang ditawarkan oleh
website tersebut.
5.
Metode
Pengiriman
Pengiriman juga merupakan aspek penting untuk menarik minat konsmen,
seperti lamanya durasi dalam pengiriman barang tersebut. Biaya pengiriman juga
menjadi faktor penarik konsumen. Maka dari itu banyak dari situs online
melakukan promo gratis Ongkir (Ongkos Kirim) untuk menarik minat pembeli
berbelanja di situs mereka.
2. Jenis-Jenis Promosi
Jenis-jenis promosi dibagi menjadi lima, yaitu:
1. Advertising
Menurut Kotler (2002:658), periklanan didefinisikan sebagai
bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu
sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran. Secara garis besar Advertising adalah
bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk
merangsang pembelian.
Iklan memiliki beberapa karakteristik, antara lain:
·
Suatu bentuk komunikasi yang
berbayar.
·
Nonpersonal komunikasi.
·
Menggunakan media massa sebagai
massifikasi pesan.
·
Menggunakan sponsor yang
teridentifikasi.
·
Bersifat mempersuasi khalayak.
·
Bertujuan untuk meraih audiens
sebanyak-banyaknya.
Berdasarkan tujuannya, iklan diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yakni:
1. Iklan Informatif (Informative
Advertising)
Bertujuan
untuk membentuk atau menciptakan kesadaran/pengenalan dan pengetahuan tentang produk
atau fitur-fitur baru dari produk yang sudah ada.
2. Iklan Persuasif (Persuasive
Advertising)
Bertujuan
untuk menciptakan kesukaan, preferensi dan keyakinan sehingga konsumen mau membeli
dan menggunakan barang dan jasa.
3 Iklan Reminder (Reminder
Advertising)
Bertujuan untuk mendorong pembelian ulang barang
dan jasa,Menjaga kesadaran akan produk (consumer’s state of mind), Menjalin hubungan
baik dengan konsumen.
Berdasarkan
macam media yang digunakan, maka advertensi dibedakan menjadi:
a) Advertensi Cetak seperti koran, majalah,
dll.
b) Advertensi Elektronika seperti website,
radio, televisi, dll.
c) Transit Advertensing seperti buletin,
poster/spanduk, stiker, dll.
d) Kiriman Langsung yaitu barang cetakan
yang dikirim langsung melalui pos kepada calon pembeli yang memang sudah target.
e) Advertensi Khusus yaitu segala macam
barang yang bentuknya berupa hadiah.
2. Personal
Selling
Bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu
percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Penjualan
tatap muka adalah kegiatan mempromosikan suatu produk dengan cara mendatangi ke
tempat konsumen berada.
Menurut Kotler (2000), “penjualan perorangan (personal selling),
yaitu penyajian atau presentasi pribadi oleh tenaga penjual perusahaan dengan tujuanmenjual
dan membina hubungan dengan pelanggan”.
Selanjutnya
Tjiptono (2004) menyatakan bahwa beberapa fungsi-fungsipenjualan perorangan, yaitu:
1. Prospecting yaitu mencari pembeli dan menjalin
hubungan dengan mereka.
2. Targeting yaitu mengalokasikan
kelangkaan waktu penjual demi pembeli.
3. Communicating yaitu
memberi informasi mengenai produk perusahaan kepadapelanggan.
4. Selling yakni mendekati,
mempresentasikan dan mendemonstrasikan, mengatasiperubahan serta menjual produk
kepada pelanggan.
5. Servicing yakni memberikan
berbagai jasa dan pelayanan kepada pelanggan.
6. Information gathering yakni
melakukan riset dan intelijen pasar.
7. Allocating yaitu menentukan
pelanggan yang dituju.
3. Sales Promotion
Promosi penjualan (sales promotion) adalah bentuk persuasi langsung
melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian
produkdengan segera dan meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.
Menurut definisi Kotler, 2000 Promosipenjualan (sales promotion)
yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari suatu
produk dan jasa. “Promosi penjualan termasuk berbagai jenis peralatan yang mempunyai
sifat unik seperti kupon, perlombaan,pemotongan harga, hadiah dan lain-lain”.
Tujuan-tujuan promosi penjualan tersebut dapat digeneralisasikan sebagaiberikut:
1. Meningkatkan
permintaan dari para pemakai industrial dan/atau konsumen akhir.
2. Meningkatkan
kinerja pemasaran perantara.
3. Mendukung
dan mengkoordinasikan kegiatan personal selling dan iklan.
Promosi
penjualan dapat dikelompokkan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai,sebagai
berikut:
1. Customer promotion,
yaitu
promosi penjualan yang bertujuan untuk merangsang/mendorong pelanggan untuk membeli.
2. Trade promotion,
yaitu
promosi penjualan yang bertujuan untuk mendorong/merangsang pedagang grosir, pengecer,
eksportir, dan importir untuk memperdagangkan barang/jasa dari sponsor.
3. Sales force promotion,
yaitu
promosi penjualan yang bertujuan untuk memotivasi armada penjual.
4. Business promotion,
yaitu
promosi penjualan yang bertujuan untuk memperoleh pelanggan baru, mempertahanan
kontak hubungan dengan pelanggan memperkenalkan produk baru, menjual lebih banyak
kepada pelanggan lama danmendidik pelanggan.
Adapun
alat -alat yang digunakan dalam sales promotion antara lain :
a)
Sampel/contoh, dalam berpromosi jangan ragu-ragu untuk memberi sampel.
b)
Kupon/voucher, yaitu sertifikat hak potongan kepada pemegangya sehingga menghemat
pembelian produk tertentu.
c)
Premi, yaitu barang yang ditawarkan dengan harga yang sangat rendah.
d)
Paket Harga, yaitu produk harga yang memuat harga lebih rendah daripada harga
biasanya apabila Pembeli membeli produk tersebut dengan jumlah yang sudah ditentukan.
e)
Tawaran Uang Kembali, yaitu tawaran pengembalian uang apabila terjadi ketidaksesuaian
produk dengan harga/terjadi kerusakan pada produk yang dibeli berdasarkan produknya.
f)
Promosi Dagang, yaitu Penawaran potongan harga dalam jangka waktu tertentu.
g)
Undian, yaitu konsumen diajak untuk mengumpulkan label yang memuat nama produk
untuk kemudian diundi dan mendapat hadiah.
h)
Kontes, yaitu mengundang konsumen untuk mengikuti suatu perlombaan.
4. Publishing
Publisitas adalah upaya perusahaan untuk mendukung, membina citraperusahaan
yang baik, dan menangani atau menangkal isu, cerita dan peristiwayang dapat merugikan
perusahaan yang dilakukan melalui pembinaan hubungandengan masyarakat (public
relations)” (Kotler, 2000).
Jika
dibandingkan dengan alat promosi lain seperti periklanan, publisitas mempunyai beberapa
keuntungan antara lain:
a.Dapat menjangkau orang-orang yang tidak
mau membaca iklan. Pesan tersebutsampai kepada pembeli yang mungkin menghindari
iklan dan wiraniaga karenapesan tersebut disampaikan sebagai berita bukan komunikasi
yang diarahkankepenjualan.
b.Dapat ditempatkan pada halaman depan dari
sebuah surat kabar atau pada posisilain yang menyolok.
c.Lebih dapat di percaya, apa bila sebuah
surat Kabar atau majalah mempublikasikan
sebuah cerita, keliatan lebih otentik sebagai berita dan berita pada umumnya lebih di percaya dari pada iklan
d.Jauh lebih murah karena dilakukan secara
bebas, tanpa dipungut biaya.
e.Bersifat dramatis, sebab mempunyai potensi
untuk mendramatisasi perusahaanatau produk.
5. Direct marketing
Sistem marketing dimana organisasi berkomunikasi
secara langsung dengan target customer untuk menghasilkan respons atau transaksi. Respons yang
dihasilkan bisa berupa inquiry, pembelian, atau bahkan dukungan.
Direct Marketing Strategi
dan Media
Direct marketing menggunakan bermacam-macam media, seperti
·
Direct mail
Sering disebut sebagai junk mail atau surat yang
tidak kita harapkan kedatangannya.
·
Catalog
Katalog cukup banyak digunakan oleh perusahaan
dalam direct marketing, bahkan ada yang sepenuhnya tergantung pada katalog.
·
Broadcast media
Media yang paling digandrungi para direct marketers
adalah TV dan radio.
·
Infomercial
Adalah iklan komersial yang berdurasi lama , mencapai
30-60 menit. Bentuk acaranya seperti program TV biasa.
·
Tv advertorial
Advertorial digunakan untuk menunjukkan pada pemirsa
tentang seluk-beluk produk dalam acara TV sepanjang beberapa menit.
·
Teleshopping
Penggunaan saluran telepon gratis dikombinasikan
dengan kartu kredit membuat peningkatan yang cukup signifikan pada pembelanjaan
melalui televisi.
·
Print media
Koran dan majalah merupakan media yang sulit untuk
digunakan sebagai alat direct marketing.
·
Telemarketing
Merupakan sales lewat telepon.
·
Electronic teleshopping
Merupakan belanja online dan penerimaan layanan
informasi melalui PC. Internet shopping adalah media direct response yang digunakan
oleh direct marketing tradisional sekalipun.
3. Publisher, Web
Owner, Adevertiser, Marketing company
1. Publisher
Publisher atau penayang iklan adalah sebutan untuk orang atau pemilik
situs web maupun blog yang sudah terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola
aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka. Publisher yang
menayangkan iklan, contohnya iklan dari google disebut publisher google adsense.
Untuk bisa menjadi publisher google adsense harus mendaftar terlebih
dahulu ke Google Adsense dan baru bisa menayangkan iklan google di situs web mereka
setelah aplikasi disetujui. Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan
memiliki satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google
di semua situs mereka yang memenuhi persyaratan program google adsense tersebut.
Jadi, kesimpulannya Publisher adalah sebutan bagi seorang yang mengikuti
program periklanan (Adsense) seperti Google Adsense yang dimana Ia memasang iklan
yang diberikan oleh Google Adsense atau program adsense lainnya.
2. Web Owner
Pemilik web (Web Owner) adalah penyedia ruang pada website yang
memungkinkan advertiser memasang link iklannya. Anda berpeluang mendapatkan
penghasilan tambahan dengan memasang link iklan pada Advertiser.
3. Advertiser
Sebutan lain dari Advertiser adalah Merchant. Merchant bertugas sebagai
pembayar komisi pada Publisher juga pembayar jasa pada suatu Affiliate. Kenapa mereka
yang harus membayar? sudah jelas karena iklan pemasaran yang ada pada suatu publisher
adalah iklan yang mengarahkan visitor pada website merchant tersebut. Hal ini membantu
traffic website merchant lebih tinggi dan website merekapun menjadi lebih populer
berkat bantuan para publisher yang melalui perantara suatu affiliate marketing.
4. Marketing Company
Adalah suatu badan yang membantu
mempromosikan produk dari Merchant, dimana bila konsumen membeli barang
tersebut berasal dari referal dari badan tersebut, maka badan tersebut
mendapatkan komisi dari Merchant tersebut.
4. Perbedaan Search
Engine dengan Website
Website adalah sering juga
disebut Web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai
macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video
maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis,
yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing
dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.
Search Engine (Mesin Pencari)
adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang
tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing
List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu
batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi
yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian sering
disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs). Contoh Search Engine:
Yahoo, Google, Bing, dan lain-lain.
Website adalah suatu halaman
web yang berisi berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak,
data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat
statis maupun yang dinamis yang tersimpan di dalam web browser seperti Internet
Explorer, Mozilla Firefox, Safari dan Opera. Sedangkan search engine yaitu fasilitas untuk mencari dokumen (alamat)
atau data yang Anda inginkan diseluruh web server yang terhubung ke Internet contohnya
Google, Yahoo! Search, dan Live Search.
Terima Kasih
Semoga dapat memberi manfaat
Komentar
Posting Komentar